Sudah Olahraga Tapi Perut Masih Buncit, Kenapa Begitu?



Sudah Olahraga Tapi Perut Masih Buncit, Kenapa Begitu? [ www.BlogApaAja.com ]

Mengecilkan perut yang terlanjur buncit biasanya jauh lebih sulit daripada sekedar menguruskan badan. Meski berat badan sudah turun dan sepintas tampak lebih kurus, bagian perut seringkali masih tampak menonjol seperti orang hamil.

"Kadang sudah olahraga dan celananya sudah terasa lebih longgar di pinggang, tapi perut masih bulat. Tidak apa-apa, itu sudah ada kemajuan namanya," kata Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran saat dihubungi detikHealth, Rabu (16/5/2012).

Menurut Dr Triangto, mengecilkan perut memang tidak bisa dilakukan secara instant. Ketika berat badan sudah berkurang, itu artinya telah terjadi pembakaran lemak-lemak yang selama ini menumpuk meski masih harus dituntaskan lagi karena belum mendapatkan bentuk perut yang ideal.

Setelah lemaknya banyak berkurang, bentuk tubuh yang bagus baru bisa didapatkan dengan melakukan latihan beban. Latihan ini akan mengencangkan otot-otot yang mengendur, sehingga tampak lebih rata setelah terlebih dahulu timbunan lemak yang melapisinya dihilangkan.

"Lemaknya dihilangkan dulu dengan latihan kardio, tidak boleh langsung diberi latihan beban. Perut buncit itu kan memang punya risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah jantung dan pembuluh darah, jadi lemaknya dikurangi dulu baru dibentuk," lanjut Dr Triangto.

Selain berbahaya, langsung memaksakan diri dengan latihan beban saat baru awal-awal mengecilkan perut buncit justru akan membuat bentuknya makin tidak karuan. Ukuran perut mungkin bisa menjadi lebih kecil, namun bentuknya belum tentu rata seperti yang diharapkan.

"Jika langsung diberi latihan beban, otot akan mengeras. Ukuran otot cenderung membesar, tapi bisa juga mengecil meski tidak rata. Karena itu memang sebaiknya dimulai dengan latihan kardio, agar pembakaran lemak meningkat dan tidak ada risiko ototnya membesar," jelas Dr Triangto.


Follow On Twitter